Oleh: elrianjani | April 21, 2010

Tips Bentuk Otot Perut (Tanpa Gym)


Memiliki otot perut berbentuk dan ideal adalah keinginan lumrah bagi setiap pria. Biasanya ada dua macam keinginan pria tentang mengencangkan otot perut, satu ingin membentuk perutnya saja sehingga terlihat sixpack, yang kedua ingin perut datar saja tapi memiliki otot perut yang sangat kuat. Orang yang memiliki bentuk sixpack belum tentu memiliki otot perut yang kuat, mungkin keras, tapi belum tentu dikatakan kuat.

Sebelumnya mari kita pelajari bagaimana menentukan berat tubuh ideal. Actually, ada banyak cara untuk mendeteksi berat tubuh ideal. Namun, dunia kedokteran di Indonesia mempunyai rujukan sistem pengukuran berat badan ideal, yakni dengan menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT).

Cara menghitungnya juga mudah. IMT diukur dari berat badan dalam satuan kilogram dibagi dengan kuadrat tinggi badan dalam satuan meter. Biar mudah, kita ambil contoh. Sebut saja namanya Imron. Dia memiliki berat badan 75 kilogram. Adapun tinggi badannya hanya 150 sentimeter atau 1,5 meter.

Apakah berat badan Imron sekarang ini sudah ideal? Yuk kita simak hitungan IMT berikut.

Begini perhitungannya: Berat badan Imron 75 kg dibagi dengan 2,25. Angka 2,25 adalah hasil kuadrat dari tinggi badan Imron 1,5 m. Hasilnya 33,33. “Dengan berat 75 kg, Imron berarti telah mengalami obesitas berat”.

Lho kok bisa? Dunia medis rupanya telah menetapkan batasan untuk menandakan kondisi tubuh seseorang. Bila hasil yang diperoleh menunjukkan angka antara 18,5 hingga 23 berarti berat badan Anda normal atau ideal. Adapun bila hasil menunjukkan angka 23 hingga 25, Anda sudah kegemukan. Angka 25 hingga 27 termasuk obesitas ringan, 27 hingga 30 disebut obesitas sedang, sementara IMT Imron sudah di atas 30. Berarti dia obesitas berat.

Ada juga cara yang lain menentukan seseorang mengalami obesitas atau tidak, yaitu dengan mengukur lingkar pinggang. Lingkar pinggang ini jadi tolak ukur karena seseorang yang mengalami kegemukan pasti diikuti penimbunan lemak di sekitar pinggang. Normalnya, ukuran lingkar pinggang wanita tak boleh lebih dari 80 cm, sedangkan pria tak melebihi 90 cm.

Mengukur obesitas dengan lingkar pinggang juga berguna untuk mengetahui sindrom metabolik, yaitu kemungkinan seseorang mengalami kondisi tertentu. Antara lain, kadar gula darah tinggi, kadar trighserida darah tinggi, hipertensi, dan serangan jantung.

Sekarang beralih ke otot perut. Untuk mendapatkan perut six pack, hal pertama yang paling penting adalah motivasi. Seberapa besar motivasi dan kesungguhan hati kita untuk meraihnya. Kemudian usaha yang keras akan membuahkan hasil yang memuaskan, jika disiplin dan komitmen terus dilakukan untuk membentuk tubuh ideal.

Nah, latihan yang perlu dilakukan untuk membentuk badan Six pack plus murah meriah tanpa pergi ke gym yaitu:

1. Sit up (Latihan untuk otot perut bagian atas)

Duduklah dikarpet lalu tekuklah kaki. Silangkan tangan di dada. Kencangkan perut, lalu turunkan badan ke bawah, tahan sebentar, lalu kembali ke posisi semula. Jangan melakukan gerakan sampai punggung menyentuh lantai. Lakukan gerakan dengan perlahan dan terkontrol. Saat kembali ke posisi awal otot perut tetap dikencangkan dan rasakan tekanan pada otot perut saat posisi badan mendekati paha. Untuk repetisi sen bisa coba 15-50 kali tergantung berapa kita sanggup tapi untuk set I tidak usah terlalu banyak.

2. Leg raises (Latihan untuk otot perut bagian bawah)

Berbaringlah di bangku datar dan tangan berpegangan pada ujung bangku di belakang kepala. Dengan posisi kaki sedikit bengkok, angkat kaki sehingga membentuk sudut 45 derajat. Tahan sebentar lalu perlahan kembali ke posisi semula. Usahakan agar kaki tidak menyentuh bangku.

3. Side to side (Latihan untuk otot perut bagian samping)

Berdiri tegap dengan kedua tangan memegang dumbbell. Posisi tangan lurus di samping badan. Perlahan-lahan gerakkan tubuh ke kiri sampai otot samping perut merasakan tekanan. Tahan sebentar, kembali ke posisi awal. Perlahan-lahan gerakkan tubuh ke kanan sampai otot samping perut merasakan tekanan. Kembali ke posisi awal. Saat tubuh bergerak ke samping jaga agar tubuh tetap tegak dan tidak membungkuk atau condong ke depan.

“Hati hati jangan terlalu capek dan hindari beban terlalu berat, karena apabila terlalu berat bisa menyebabkan cedera pada pinggang.”

Lakukan secara teratur aja 3 gerakan tersebut. Dan jangan lupa jaga pola makan (jangan terlalu banyak dan jangan pula terlalu sedikit) yang penting mengandung karbohidrat, lemak, dan protein. Perbanyak pula makan buah dan sayur. Yang terakhir HINDARI ROKOK DAN ALKOHOL! Keep struggle for body six pack guys! Good Luck!


Responses

  1. seppp. boleh juga di coba nie… :D

  2. Coba dulu heheeheheh thanks atas tipsnya

  3. wah boleh di coba tuh
    thanks ya

  4. tak semudah ituuu…dan tak sesederhana itu

  5. terimksh ats infony akn aku cba beneran krn perytku gendut bngt, mlu sama istriku tanks ya………………..

  6. ada cra nggak, buat perbesar otot tangan ama dada….

  7. Ada kata yg tdak sya mngerti. Yaitu “dumbell” apa arti lain dari itu?

  8. apa – apaan ini.. tidak jelasssss dan takn ad guna nya…. hah……\


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: